Pages

Subscribe:

Monday, May 7, 2012

Cara Mudah membuat Kalimat bahasa inggris bagi pemula (mengulang)

Pada waktu saya mengajar Bahasa Inggris pada seseorang / sekelompok murid, biasanya selalu ada sesi untuk latihan membuat kalimat. Nah, pada sesi ini biasanya sering terjadi suasana hening, mengapa ? Karena mereka pada mikir, mau bikin kalimat gimana ? Apalagi kalau ditunjuk, biasanya para murid akan blank dan kebingungan. memori kosa kata yang tersimpan di otak tiba-tiba tidak bisa diakses, dan akhirnya ekspresi terakhir dari proses berpikir, yaitu berbicara, terhenti :)

Bagaimana cara mengatasi hal ini ?
Pada posting saya di awal blog saya pernah membahas tentang struktur kalimat yaitu Subyek, predikat, obyek, dan keterangan. Kita bisa memulai latihan membuat kalimat sederhana dari sini. Anda bisa melihat keterangan lengkap tentang S-P-O-K (klik di sini).

Nah, pola S-P-O-K ini bisa disingkat dengan rumus sederhana. Pada waktu kita mau berlatih untuk membuat kalimat sederhana pikirkan rumus ini :

SIAPA ? (yaitu Subyeknya : I,You, They, We, He, She, Arman, Lusi, etc)

NGAPAIN ? (Yaitu predikatnya, berupa kata kerja atau kata kerja bantu)

NGAPAIN APA ? (Yaitu obyeknya)

DI MANA ? (Adverb of place)

KAPAN ?  (Adverb of time)

BAGAIMANA CARANYA (Adverb of manner)

Ok, selamat belajar, point ini sudah pernah saya bahas sebelumnya tapi saya ulang untuk menyegarkan ingatan, dan karena ada beberapa pertanyaan tentang hal ini.
Salam Sukses !

sumber : www.belajarbahasainggrismandiri.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment